Literature Permainan Congklak

20220810T072012649Z026492.jpg
Photograph by
Reference for photograph
Author(s)
Subject(s)
    Reference
    Related Places
    Event
    Related scholarly work
    Reference


    You are not allowed to post comments.

    Description


    In English

    In Indonesian

    "Permainan congklak adalah salah satu permainan tradisional yang menjadi warisan budaya di Indonesia. Permainan tradisional ini memiliki banyak nama di berbagai daerah di Indonesia. Biasanya dalam permainan congklak, cangkang kerang, biji-bijian, hingga batu-batu kecil kerap digunakan sebagai biji congklak.

    Di beberapa daerah, permainan ini tetap disebut dengan congklak. Namun ada pula yang menyebutnya dengan Congkak, seperti di daerah Sumatera. Di daerah Jawa sendiri, permainan congklak dikenal dengan nama Dakon. Beberapa tempat menyebutnya dengan Dhakon, dan ada pula yang menyebutnya Dhakonan. Sedangkan di kawasan Sulawesi, permainan ini dikenal dengan istilah Maggaleceng. Ada pula yang menyebut dengan istilah Nogarata, atau Makaotan, dan ada juga yang menyebutnya Aggalacang.

    Permainan congklak ini sebenarnya dapat dimainkan oleh anak-anak dan orang dewasa, baik laki-laki maupun perempuan. Namun saat ini, permainan congklak lebih sering terlihat dimainkan oleh kaum perempuan, terutama anak-anak yang berusia 6-12 tahun.

    Manfaat Permainan Congklak : 1. Belajar berhitung 2. Belajar jujur

    3. Melatih saraf motorik"

    In Makassar

    "Akkarenang Congklak iamintu salah sekre karenang tradisional ia anjari warisang budaya ri Indonesia. Karenangnga anne ammallaki jai areng ri sikamma pakrasangang ri Indonesia. Biasana i lalang karenang congklak, kulik tude, rappok akliserek, siagang batu-batu cakdi sarro nipake anjari liserek congklak.

    Ri jai pakrasangan, karenang anne ni sakbuki Congklak. Mingka niak tong angsakbuki Congkak, singkamma ri Sumatera. Ri Jawa ia karenang Congklak niassengang arengna Dakon. Ri sikamma pakrasangang ni sakbuki Dhakon, niak tong assakbuki Dhakonan. Ri Sulawesi, anne karenangnga ni sakbuki Maggaleceng. Niak tong assakbuki Nogarata, iaka Makaotan, niak tong assakbuki Aggalacang.

    Karenang Congklak ka anne sitojeng na akkullei nikarenai anak-anak iareka tau lompo, burakne iareka baine. Mingka kamma-kamma anne karenang Congklak kaminang sarroi nikarenai bainea iamintu anak-anak umuruk 6-12 taung.

    Matu-Matunna Karenang Congklak : 1. Appilajarak akrekeng 2. Appilajarak tojeng

    3. Allati akgiok motorik"